Info Terbaru 2022

28 Masakan Khas Bali Paling Lezat Dan Penjelasannya Lengkap + Gambar

28 Masakan Khas Bali Paling Lezat Dan Penjelasannya Lengkap + Gambar
28 Masakan Khas Bali Paling Lezat Dan Penjelasannya Lengkap + Gambar

Makanan khas Bali – Semilir angin berhembus lembut diselingi lambaian nyiur di putihnya pesisir pantai Kuta. Oh Bali, indah sekali parasmu. Pesona Indonesia tak tergantikan.


Hehe.. Oke di sini saya bukan mau berpuisi, di atas hanya secuil citra keindahan Bali. Sebuah pulau yang juga merupakan identitas nasional bangsa Indonesia. Pesonanya sudah sangat mendunia, hingga tidak heran kalau Bali merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia, terutama wisata pantainya.


Turis dari mancanegara sering sekali mendatangi pulau yang mempunyai julukan Pulau Dewata ini. Sampai-sampai ada juga beberapa turis yang bahkan mengenal Bali itu sebagai sebuah negara tersendiri. Padahal tentu Bali yaitu belahan dari Indonesia yang tidak sanggup dipisahkan. Bali yaitu salah satu pesona keindahan Indonesia yang tak ternilai harganya.


Bukan hanya wisata alam ciamik yang disajikan Pulau Bali, melainkan wisata kulinernya juga sangat beragam. Bali kerap menjadi tujuan wisata masakan Internasional buat para turis dari luar negeri. Beragam restoran yang menyajikan kuliner luar negeri juga kian banyak dibuka.


Namun yang tidak kalah maknyus dan enak bantu-membantu yaitu kuliner khas Bali itu sendiri. Terdapat banyak kuliner khas tradisional Bali yang sangat menggugah selera.  Tidak perlu lah kita menyibukkan diri mencari kuliner dari luar negeri di negeri sendiri. Wisata masakan kuliner khas Bali sudah cukup menunjukkan variasi kuliner mantap dengan cita rasa khas yang menarik hati lidah.


Makanan Khas Bali


Dan di bawah ini yaitu beberapa kuliner khas Bali dengan rasa mantap yang harus kau coba lengkap dengan penjelasannya. Kumpulan kuliner tradisional dari suku Bali yang masih bertahan hingga kini dan tentunya harus selalu dijaga kelestariannya. Kaprikornus bagi yang mau mengunjungi Bali baik untuk berlibur maupun urusan pekerjaan, sangat direkomendasikan mencoba cicipi kuliner khasnya. Biar lebih afdhol gitu.


Berikut yaitu daftar kuliner khas Bali dan penjelasannya lengkap. Check these out!


1. Pie Susu Bali


 Semilir angin berhembus lembut diselingi lambaian nyiur di putihnya pesisir pantai Kuta 28 Makanan Khas Bali Paling Enak dan Penjelasannya Lengkap + GambarPie susu dalam bahasa Inggris disebut Egg Tart. Adalah sejenis panganan kuliner ringan manis yang kini menjadi jajanan / kuliner khas Bali. Dari Wikipedia, kuliner khas ini rupanya berasal dari negera Hongkong. Kue dengan jenis tart custard ini terdiri dari kerak kuliner ringan manis di belahan luar dan isi custard telur di belahan luarnya.


Pie Susu Bali kini banyak ditemukan di pusat oleh-oleh khas Bali dan sanggup jadi pilihan utama sebagai buah tangan. Rasanya enak dan lembut.


Pie Susu Bali ini sendiri mempunyai banyak varian rasa, mulai dari pie susu, pie cokelat, pie stroberi dan pie kacang. Bahkan ada juga yang paling gres yaitu pie kopi.


Berikut yaitu salah satu pola brand Pie Susu Bali yang juga cukup terknal enak. Silakan ditonton sebelum memutuskan membeli.


 


2. Jaje Lukis – Lupis Ketan dari Bali


 Semilir angin berhembus lembut diselingi lambaian nyiur di putihnya pesisir pantai Kuta 28 Makanan Khas Bali Paling Enak dan Penjelasannya Lengkap + GambarMasih membahas kuliner khas Bali dari keluarga kue-kuean. Bali mempunyai ragam masakan kuliner ringan manis tradisional yang disebut dengan Jaje Bali. Variannya cukup banyak, dan salah satu yang paling terkenal yaitu Jaje Lukis. Saat ini keberadaannya sanggup dibilang semakin langka alasannya kian tergeser dengan makanan-makanan modern.


Jaje lukis ini mempunyai bentuk segitiga dan menyerupai dengan kuliner ringan manis lupis ketan. Hanya saja ukuran bentuknya saja yang sedikit lebih kecil. Jaje lukis ini dibentuk dengan adonan ketan dan injin sehingga menghasilkan warna yang manis dibanding hanya memakai beras saja.


Tekstur ketan pada kuliner jaje lukis bali ini sangat kenyal dan lengket. Saus gula merah digunakan sebagai penambah cita rasa manis dari kuliner ringan manis ini. Kemudian lebih lengkap lagi ditambahkan parutan kelapa lembut . Perpaduannya menghasilkan rasa kuliner ringan manis yang maknyus dan mantap. Silakan cantumkan kuliner khas bali satu ini dalam daftar penting yang harus disantap bila berkunjung ke Bali.


3. Laklak Bali


 Semilir angin berhembus lembut diselingi lambaian nyiur di putihnya pesisir pantai Kuta 28 Makanan Khas Bali Paling Enak dan Penjelasannya Lengkap + GambarYang ketiga ini juga masih ihwal kuliner ringan manis tradisional khas Bali. Laklak namanya.  Kue laklak ini cukup terkenal di Bali dan sanggup didapatkan dengan simpel di pasar-pasar tradisional.


Seperti jenis kuliner ringan manis tradisional Bali lainnya, laklak ini juga punya cita rasa manis yang menarik hati bikin nagih di lidah.


Kee laklak bali berbentuk bundar. Dibuat dari materi dasar tepung beras. Adapun warna hijau dihasilkan dari daun suji dan atau daun pandan.


Kue laklak cocok disajikan dengan saus gula merah plus taburan kelapa parut. Bisa dibayangkan gimana nikmanya rasa kuliner ringan manis laklak ini. Hmm.. nyam nyam.


4. Kacang Bali (Kacang asin Khas Bali)


 Semilir angin berhembus lembut diselingi lambaian nyiur di putihnya pesisir pantai Kuta 28 Makanan Khas Bali Paling Enak dan Penjelasannya Lengkap + GambarSetelah membahas kue, kini kita beranjak ke jenis panganan khas Bali lainnya. Salah satu kuliner khas Bali yaitu Kacang Bali. Makanan ini cukup terkenal sebagai oleh-oleh khas Bali alasannya rasanya enak.


Adapun jenis kacangnya juga macam-macam, menyerupai kacang kapri, kacang koro, dan lain sebagainya. Rata-rata semuanya merupakan kacang goreng. Adapun yang menjadikannya enak yaitu racikan bumbu yang ditaburkan pada kacang tersebut. Tertarik untuk mencoba kacang khas Bali ini. Sobat sanggup dengan simpel mendapatkannya di banyak toko online di Internet.


5. Lawar Kuwir


 Semilir angin berhembus lembut diselingi lambaian nyiur di putihnya pesisir pantai Kuta 28 Makanan Khas Bali Paling Enak dan Penjelasannya Lengkap + GambarNah kini kita mulai beranjak pada jenis kuliner berat. Yang pertama ini namanya yaitu Lawar (bukan kelelawar lho ya). Makanan ini kerap dijadikan lauk suplemen nasi. Lawar yaitu kuliner khas bali yang terbuat dari aneka sayur. Diantaranya yaitu kacang panjang, parutan kelapa, nangka dan dicampurkan dengan tambahan bumbu khas Bali.


Lawar juga beraneka ragam jenisnya yang dibedakan menurut isinya. Lawar Kuwir ini sendiri berisi daging entog. Ada juga lawar ayam dan juga babi. Kerap juga dicampur dengan santan yang semakin mengatakan cita rasa gurih di lidah. Tertarik untuk mencobanya.


6. Ayam Betutu


 Semilir angin berhembus lembut diselingi lambaian nyiur di putihnya pesisir pantai Kuta 28 Makanan Khas Bali Paling Enak dan Penjelasannya Lengkap + GambarDi antara sekian banyak kuliner khas Bali yang ada, nampaknya Ayam Betutu ini yaitu salah satu yang paling terkenal. Dan seakan telah menjadi identitas masakan dari daerah Bali yang tidak dimiliki daerah lain.


Betutu berarti bumbu khas Bali yang terbuat dari daun sereh, daun jeruk, kunyi, kemiri, salam, bawah merah dan lain-lain.


Adapun yang dinamakan Ayam Betutu yaitu bumbu-bumbu yang sudah diracik dimasukkan melalui rongga ayam sebelum jadinya dimasak. Hasilnya cita rasa khas bumbunya begitu meresap ke dalam daging ayam. Ayam Betutu ada yang cara membuatnya dipanggang, ada juga yang direbus (disebut Betutu Basah).


Jika berkunjung ke Bali, jangan hingga kelupaan menyantap kuliner khas Bali yang sudah terkenal diseluruh dunia ini.


7. Bebek Betutu


 Semilir angin berhembus lembut diselingi lambaian nyiur di putihnya pesisir pantai Kuta 28 Makanan Khas Bali Paling Enak dan Penjelasannya Lengkap + GambarTak jauh beda dengan Ayam Betutu, cara pembuatan Bebek Betutu juga melalui proses yang sama. Pamor Bebek Betutu juga tidak kalah dibanding Ayam Betutu. Bahkan Bebek Betutu cenderung lebih disukai dan dianggap istimewa.


Karena proses masaknya sendiri juga sangat lama, yakni sanggup hingga 24 jam lamanya. Sehingga tidak heran kalau ingin menyantapnya, kita harus lakukan pemesanan minimal sehari sebelumnya.


Jika berkunjung ke Bali, sobat sanggup menyantap Bebek Betutu Khas Bali ini di Kafe Batan Waru, yang terletak di Jl. Dewi Sita, Ubud.


8. Sate lilit


 Semilir angin berhembus lembut diselingi lambaian nyiur di putihnya pesisir pantai Kuta 28 Makanan Khas Bali Paling Enak dan Penjelasannya Lengkap + GambarDari namanya saja kita sudah sanggup simpulkan bahwa kuliner khas Bali satu ini merupakan jenis sate yang dililitkan. Maksudnya daging ayam atau ikan mulanya digiling kemudian ditambah kelapa parut. Kemudian dililitkan pada setangkai kecil batang sereh ataupun bambu yang diraut. Sate lilit kerap juga disajikan dengan tambahan sambal matah khas Bali yang terkenal enaknya.


Makanan ini tentunya sangat cocok dijadikan lauk suplemen nasi. Kita sanggup dengan simpel menemukan sate lilit di aneka macam restoran di Bali.


9. Sate Plecing Bali


 Semilir angin berhembus lembut diselingi lambaian nyiur di putihnya pesisir pantai Kuta 28 Makanan Khas Bali Paling Enak dan Penjelasannya Lengkap + GambarPlecing sendiri merujuk pada nama sambal yang digunakan untuk membalur sate ini. Sambal plecing yaitu sambal yang kerap disajikan sebagai sobat makan ikan. Adapun untuk sate plecing khas Bali ini juga tidak jauh beda. Sambal plecing yang diramu dengan bermacam-macam bumbu khas dibalurkan ke seluruh permukaan sate.


Rasa pada sambal plecing sangat cocok dan klop dengan tekstur daging sate yang sengaja dibentuk agak gosong. Menghasilkan cita rasa unik tiada duanya.


10. Srombotan


 Semilir angin berhembus lembut diselingi lambaian nyiur di putihnya pesisir pantai Kuta 28 Makanan Khas Bali Paling Enak dan Penjelasannya Lengkap + GambarSrombotan ini yaitu jenis kuliner khas Bali dengan materi sayuran. Adapun jenis sayurannya yaitu menyerupai kecipir, terong, toge, pare dan kubis. Dimasak setengah matang dan diberi tambahan bumbu kalas yang merupakan hasil racikan dari santan, kencur dan ketumbar.


Cara penyajiannya sanggup ditambahkan kacang goreng dan ubi jalar. Srombotan ini sanggup dibilang telah terkenal diseluruh dunia dan menjadi role model kelezatan kuliner sayuran dari Bali. Maknyus pokoknya.


11. Babi Guling Bali


 Semilir angin berhembus lembut diselingi lambaian nyiur di putihnya pesisir pantai Kuta 28 Makanan Khas Bali Paling Enak dan Penjelasannya Lengkap + GambarSatu lagi masakan yang paling khas dari Bali yaitu Babi Guling. Bagi sobat yang non muslim dan juga seorang vegetarian, tentu tidak sanggup melewatkan kesempatan menyantap kuliner khas satu ini. Babi guling mempunyai rasa yang juicy dan crispy alasannya memang dibalur dengan racikan bumbu kaya rempah. Cocok disajikan dengan nasi putih atau nasi rames.


Adapun untuk mendapatkannya sanggup dibilang cukup mudah. Di Bali banyak sekali restoran yang menyediakan  Babi Guling sebagai sajian utamanya. Salah satunya yaitu Babi Guling Pak Malen yang terletak di jalan Sunset Road No. 5, Seminyak, Kuta. Silakan dieskplorasi.


12. Tipat Blayag


 Semilir angin berhembus lembut diselingi lambaian nyiur di putihnya pesisir pantai Kuta 28 Makanan Khas Bali Paling Enak dan Penjelasannya Lengkap + GambarTipat Blayag yaitu kuliner tradisional dari Singaraja, Buleleng, Bali. Bisa dibilang merupakan masakan unggulan, khususnya di Buleleng sendiri. Tipat berarti ketupat atau sejenis lontong.


Susunannya terdiri dari kacang kedelai, parutan kelapa, ayam yang disuwir, ayam goreng, kerupuk kulit dan tak lupa yang niscaya sayuran. Kemudian disiram dengan kuah bumbukaya rempah-rempah memberikatn cita rasa khas Bali yang sanggup menggoyang lidah.


13. Tipat Cantok


 Semilir angin berhembus lembut diselingi lambaian nyiur di putihnya pesisir pantai Kuta 28 Makanan Khas Bali Paling Enak dan Penjelasannya Lengkap + GambarSecara sajian bumbu dan sayurannya, tipat cantok ini layaknya gado-gado. Namun memakai ketupat sebagai elemen utamanya. Merupakan salah satu masakan tradisional Bali yang cukup disenangi hingga kini ini.


Tipat berate ketupat dan cantok yaitu sejenis kuliner ulek yang terdiri dari aneka macam jenis sayuran rebus. Dalam penyajiannya juga ditambahkan potongan kecil tahu goreng. Kemudian semuanya dicampurkan dan disiram dengan saus kacang yang lezat.


Bisa dibayangkan bagaimana lezatnya kuliner khas Bali yang satu ini?


14. Tum Ayam Bali


 Semilir angin berhembus lembut diselingi lambaian nyiur di putihnya pesisir pantai Kuta 28 Makanan Khas Bali Paling Enak dan Penjelasannya Lengkap + GambarMakanan khas Bali berikutnya yaitu Tum Ayam. Seperti namanya, Tum Ayam ini terdiri dari materi utama ayam dalam penciptaanya. Adapun yang dimaksud dengan tum yaitu cara memasaknya yang dikukus dan dibungkus dengan daun pisang.


Makanan ini cukup terkenal dan juga sebagai identisas masakan Bali.


15. Nasi Jinggo


 Semilir angin berhembus lembut diselingi lambaian nyiur di putihnya pesisir pantai Kuta 28 Makanan Khas Bali Paling Enak dan Penjelasannya Lengkap + GambarNasi jinggo juga salah satu kuliner khas Bali yang halal dan kondusif dikonsumsi oleh semua orang. Biasanya disajikan dalam porsi yang sedikit, hanya sekitar segenggaman. Dan memakai daun pisang sebagai bantalan makannya.


Lauk pauk pelengkapnya juga beragam, ada mie goreng, serundeng, ayam dan sambal. Seperti tidaka ada yang Istimewa memang dengan nasi jinggo ini. Tapi akan menjadi Istimewa kalau pribadi menyantapnya di Bali tentunya.


16. Nasi Tepeng Bali


 Semilir angin berhembus lembut diselingi lambaian nyiur di putihnya pesisir pantai Kuta 28 Makanan Khas Bali Paling Enak dan Penjelasannya Lengkap + GambarNasi tepeng yaitu salah satu kuliner khas Bali yang berasal dari daerah Gianyar. Dimasak memakai adonan rempah dan lada. Sehingga kalau soal rasa pedas, jangan ditanya.


Nasi tepeng ini memang terkenal dengan rasanya yang pedas dan menggugah selera. Penyajiannya ditambahkan dengan aneka macam sayuran, menyerupai kacang merah nangka, terong, kacang panjang dan juga parutan kelapa.


17. Nasi Sela Bali


 Semilir angin berhembus lembut diselingi lambaian nyiur di putihnya pesisir pantai Kuta 28 Makanan Khas Bali Paling Enak dan Penjelasannya Lengkap + GambarPada sejarahnya, nasi sela ini dikreasikan oleh masyarakat Bali ketika dilanda demam isu paceklik. Ubi ditambahkan sebagai lauk pada nasi dalam rangka memenuhi kebutuhan akan makanan.


Jadi nasi sela ini merupakan paduan antara nasi putih dan juga ubi, namun menghasilkan rasa yang enak. Rasa pmanis pada ubi bercampur dengan aneka lauk yang kaya akan rasa yang memanjakan lidah. Tertarik untuk mencoba nasi sela ini? Cocok sekali kalau disajikan dengan sate lilit dan juga sambal sebagai pelengkapnya.


18. Nasi Campur Ayam


 Semilir angin berhembus lembut diselingi lambaian nyiur di putihnya pesisir pantai Kuta 28 Makanan Khas Bali Paling Enak dan Penjelasannya Lengkap + GambarSelain terkenal dengan ayam betutunya, Bali juga punya satu masakan yang mantap, yaitu Nasi Campur Ayam. Dari namanya sudah tertangkap berair kan bagaimana penyajiannya, yaitu nasi dicampur dengan ayam. Tapi tentu tidak sesederhana itu.


Yang membuatnya Istimewa yaitu bumbu rempah-rempah kaya cita rasa dari si ayam nya itu sendiri.  Disajikan dengan sayuran dan juga kacang plus sambal yang membuatnya cocok dijadikan kuliner utama di kala makan siang ataupun malam.


Berikut yaitu salah satu penampakan nasi campur ayam khas Bali yang patut dicoba.


19. Bubur Injin


 Semilir angin berhembus lembut diselingi lambaian nyiur di putihnya pesisir pantai Kuta 28 Makanan Khas Bali Paling Enak dan Penjelasannya Lengkap + GambarMakanan khas Bali berikutnya yaitu Bubur Injin atau sanggup disebut juga bubur ketan. Terbuat dari ketan hitam yang dikasih santan dan juga sedikit potongan nangka ke dalamnya.


Bubur ini memang lebih cocok dijadikan sebagai kuliner epilog untuk disantap bersama-sama keluarga. Namun bubur ini juga cocok sebagai pengganjel perut penunda lapar sesudah mandi dan main-main di Pantai.


20. Bubur Mengguh Bali


 Semilir angin berhembus lembut diselingi lambaian nyiur di putihnya pesisir pantai Kuta 28 Makanan Khas Bali Paling Enak dan Penjelasannya Lengkap + GambarBubur yang satu ini berasal dari daerah Buleleng Bali. Termasuk salah satu kuliner khas Bali yang cukup terkenal dan disukai oleh turis yang sedang melancong di Bali.


Bubur mengguh punya cita rasa tersendiri sebagai kuliner khas tradisional Bali. Rasanya gurih alasannya adonan santan kelapa. Secara tampilan, hampir tidak ada beda dengan bubur ayam. Yang jadi pembeda hanya pada tambahan sayur urap yang ditambahkan sebagai ciri khas dan pelengkap


Bubur mengguh ini banyak dijual oleh para pedangang kaki lima di Bali.


21. Bagiak Bali


 Semilir angin berhembus lembut diselingi lambaian nyiur di putihnya pesisir pantai Kuta 28 Makanan Khas Bali Paling Enak dan Penjelasannya Lengkap + GambarApa itu Bagiak? Bagiak yaitu sejenis kuliner ringan dengan rasa gurih dan teksturnya renyah di mulut. Dibuat dari adonan tepung sagu yang kemudian dipanggang. Menyantap bagiak sangatlah cocok bersamaan dengan the maupun kopi.


Ini yaitu salah satu kuliner khas Bali yang juga terkenal. Rasanya manis tapi tidak terlalu. Bagiak ini cukup simpel untuk ditemukan di toko-toko dan pusat oleh-oleh khas Bali.


Bagaimana? Tertari mencoba cemilan renyah khas Bali yang satu ini?


22. Komoh


 Semilir angin berhembus lembut diselingi lambaian nyiur di putihnya pesisir pantai Kuta 28 Makanan Khas Bali Paling Enak dan Penjelasannya Lengkap + GambarKomoh merupakan masakan khas Bali yang juga cukup terkenal di kalangan masyarakat Bali sendiri. Merupakan sejenis kuah sup dan ditambah dengan bermacam-macam jenis daging. Mulai dari daging ayam, entog, penyu, hingga daging babi. Karena itu, komoh punya cita rasa yang cukup nikmat di lidah.


Komoh biasa disajikan dalam sebuah mangkok kecil. Dan cara memakannya yakni dengan mendekatkan dan meminum kuah komoh dalam mangkok tersebut ke lisan memakai tangan. Atau sanggup juga dimakan dengan cara biasa memakai sendok.


23. Jukut ares masakan khas Bali


 Semilir angin berhembus lembut diselingi lambaian nyiur di putihnya pesisir pantai Kuta 28 Makanan Khas Bali Paling Enak dan Penjelasannya Lengkap + GambarMakanan khas Bali selanjutnya yaitu Jukut Ares. Sebuah kuliner yang sanggup dibilang cukup unik alasannya memakai materi anak batang pisang. Jukut berarti sayur dan ares yaitu batang pisang.


Jukut ares yaitu sejenis kuliner sayur berkuah tradisional masyarakat Bali.


Batang pisang yang digunakan seringnya yaitu jenis pisang klutuk (paling rekomendasi). Tapi sanggup juga memakai jensi batang pisang lainnya menyerupai pisang raja.


Batang pisang mula-mula dikelupas hingga terlihat batang dalamnya yang berwarna putih. Lalu batangnya diiris tipis-tipis. Kemudian direndam pakai air garam dan dicampurkan, diaduk hingga halus dan irisan batang jadi lembut.


Biasanya kuliner khas Jukut Ares ini disajikan dengan penambahan tulang babi atau ayam.


Bagi sobat yang sedang liburan ke Bali, jangan lupa untuk turut merasakan nikmatnya kuliner khas Bali berjulukan Jukut Ares ini.


24. Lontong Jukut Serapah


 Semilir angin berhembus lembut diselingi lambaian nyiur di putihnya pesisir pantai Kuta 28 Makanan Khas Bali Paling Enak dan Penjelasannya Lengkap + GambarWalaupun namanya lontong, tapi lontong jukut serapah ini berbeda dengan kebanyakan jenis lontong yang ada. Lontong  ini berbentuk segitiga dan ukurannya lebih besar. Namun ada juga yang berbentuk bulat lonjong.


Penyajiannya yaitu dengan cara dipotong kecil-kecil bersama sayuran rebus, menyerupai bayam, daun singkong, nangka atau jantung pisang. Dan yang paling penting yang menciptakan nikmat yaitu siraman kuah kental di atasnya.


Makanan khas daerah Bali ini sanggup dengan simpel ditemukan di penjaja kuliner warung sederhana di Bali.Dengan harga yang cukup


25. Jaja Godoh / Godoh Gedang


 Semilir angin berhembus lembut diselingi lambaian nyiur di putihnya pesisir pantai Kuta 28 Makanan Khas Bali Paling Enak dan Penjelasannya Lengkap + GambarMakanan khas Bali ini dinamakan Jaja Godoh. Makanan ini cocok disantap sambil bersantai bersama keluarga. Jaja Godoh ini lebih bantu-membantu lebih familiar dikenal dengan nama pisang goreng. Karena memang terbuat dari pisang yang dibalut adonan tepung, kemudian digoreng. Namun dari segi  tekstrunya lebih krispi dan gurih manis dibanding pisang goreng biasa dari daerah lain.


Makanan khas Bali ini sangat universal sanggup dinikmati oleh renta maupun muda. Bisa dengan muadh ditemukan di pasar-pasar tradisional atau penjaja kuliner kaki lima. Jika berkunjung ke Bali, jangan lupa untuk mencicipinya.


26. Jaja Bendu


 Semilir angin berhembus lembut diselingi lambaian nyiur di putihnya pesisir pantai Kuta 28 Makanan Khas Bali Paling Enak dan Penjelasannya Lengkap + GambarAdalah salah satu kuliner khas Bali yang berasal dari daerah Jimbaran Bali. Panganan ini juga termasuk kuliner khas yang termasuk kategori kue. Bahan-bahan pembuatannya termasuk sederhana dan kalau mau, tiap orang sanggup saja membuatnya dengan mudah. Kue ini terbuat dari tepung ketan dan diisi dengan gula bali dengan adonan parutan kelapa di dalamnya. Dan dibungkus dengan daun pisang.


27. Jaja Wajik


 Semilir angin berhembus lembut diselingi lambaian nyiur di putihnya pesisir pantai Kuta 28 Makanan Khas Bali Paling Enak dan Penjelasannya Lengkap + GambarMakanan khas daerah Bali yang satu ini berjulukan Jaja Wajijk. Merupakan kuliner tradisional yang secara turun temurun tetap lestari di Bali. Karena hingga sekarangpun kuliner khas ini masih sangat diminati oleh aneka macam kalangan. Baik itu oleh masyarakat Bali sendiri maupun oleh para pelancong.


Makanan khas ini terbuat dari tepung beras ditambah gula merah. Soal rasa, jangan ditanya. Sungguh manis dan legit di pengecap tentunya.


Seringkali kuliner ringan manis ini dijadikan santapan


28. Rujak Kuah Pindang & Rujak Bulung


 Semilir angin berhembus lembut diselingi lambaian nyiur di putihnya pesisir pantai Kuta 28 Makanan Khas Bali Paling Enak dan Penjelasannya Lengkap + GambarMakanan khas Bali yang terakhir yaitu Rujak Kuah Pindah. Merupakan perpaduan bermacam-macam macam buah-buahan yang masih segar. Ya mirip-mirip dengan rujak manis biasa. Beberapa jenis buah yang digunakan dalam rujak ini yaitu menyerupai papaya, mentimun, bengkuang, belimbing dan lain sebagainya.


Keseluruhan buah dikupas dan diiris kecil-kecil.


Adapun yang mejadi pembeda dengan rujak lainnya yaitu materi pelengkapnya. Yang mana terbuat dari daging ikkan, terasi, cabe dan gara. Kesemua materi tersebut digiling hingga halus. Tapi tidak ditambahkan dengan air alasannya kaldu ikan (kuah pindang) yang memang bentuknya sudah cair atau encer.


Terbayangkah bagaimana cita rasa buah segar dipadukan dengan kuah pindang. Terdengar absurd memang buat sebagian orang. Tapi inilah ciri khas kuliner tradisional Bali yang punya sensasi tersendiri. Cobalah.


Penutup


Baik, mungkin cukup sekian pemaparan ihwal wisata masakan kuliner khas Bali tradisional yang perlu kau coba kalau berkunjung ke sana. Bagi yang muslim juga jangan khawatir, alasannya di Bali juga banyak tersedia kuliner bali yang terjamin halal.


Adakah di antara 28+ kuliner khas Bali di atas yang menjadi favoritmu. Silakan dicoba manakala berkunjung ke Pulau Dewata ini.


Jadi selamat bereksplorasi ya. Akhir kata, cintailah wisata masakan khas Indonesia.


Sekian dan terima kasih.


Advertisement

Iklan Sidebar