Info Terbaru 2022

Inilah 5 Manfaat Yang Dapat Kau Nikmati Bila Punya Website Pribadi

Inilah 5 Manfaat Yang Dapat Kau Nikmati Bila Punya Website Pribadi
Inilah 5 Manfaat Yang Dapat Kau Nikmati Bila Punya Website Pribadi

Di masa informasi mirip kini ini yang namanya website sanggup dibilang bukan suatu hal yang asing. Banyak orang  yang kesehariannya tidak sanggup lepas dari interaksi dengan website. Terlebih dengan kanal gampang dan leluasa melalui perangkat smartphone.


Contoh paling real ialah dikala hendak mencari sebuah informasi ataupun panduan (tutorial) di Internet. Hampir pasti bahwa orang-orang jaman now akan membuka Google dan mengetikkan apa yang mereka cari dengan kata kunci tertentu. Sekali mengetikkan kata kunci, maka ribuan halaman website informasi akan pribadi tersaji dan siap untuk disantap.


Inilah masa di mana informasi sanggup ditemukan dengan begitu gampang dan cepatnya.


Yang dijelaskan di atas ialah dari sudut pandang pengguna dan pencari informasi. Nah pernahkan kau terpikir untuk berada di posisi sebagai penyedia informasi. Artinya kamulah yang nanti berperan menyajikan informasi yang diperlukan orang lain di Internet. Kamu yang punya website tersebut yang kemudian mempunyai potensi untuk dikunjungi banyak orang di seluruh jagat internet. Pernahkan terpikir untuk punya website?


Manfaat Punya Website


Di masa informasi mirip kini ini yang namanya website sanggup dibilang bukan suatu hal y Inilah 5 Manfaat yang Bisa Kamu Nikmati Jika Punya Website Pribadi
unsplash.com

Emang apa untungnya kalau kita punya website dan dikunjungi banyak orang?


Pertanyaan yang mantab!


Jadi begini, kini ini eranya serba online. Apa-apa di-online-in. Nah tidak inginkah kau meng-online-kan diri dengan website. Website sanggup jadi media branding diri yang amat powerfull. Dalam bisnis online, website juga salah satu elemen penting dalam berbisnis online.


Intinya, dengan mempunyai website kita bisai mendapat banyak benefit. Beberapa di antaranya adalah:


1. Bisa meningkatkan tingkat kegantengan sampai 780 persen. Ciyus!


Di masa informasi mirip kini ini yang namanya website sanggup dibilang bukan suatu hal y Inilah 5 Manfaat yang Bisa Kamu Nikmati Jika Punya Website Pribadi
unsplash.com

Dengan mempunyai website kita sanggup lebih terlihat keren dan juga punya identitas online yang mantap. Makara kalau ada yang nanya, “alamat facebook elo apa?” Kamu tinggal jawab : buka aja sarangsemut.com (semisal nama websitenya itu sarangsemut). Inilah yang sebenarnya harus dipelajari oleh pada kids jaman now.


2. Bisa menghasilkan uang via website


Di masa informasi mirip kini ini yang namanya website sanggup dibilang bukan suatu hal y Inilah 5 Manfaat yang Bisa Kamu Nikmati Jika Punya Website PribadiBukan hanya sekadar keren-kerenan, punya website juga sanggup mendatangkan duit. Pernah dengar istilah ngepet online? Ya tentu bukan ngepet dalam arti sebenarnya. Intinya mencari uang di internet melalui website.


Ya jadi buat yang belum tahu, website itu sanggup digunakan buat nyari duit begitu. Gimana caranya? Banyak. Salah satunya kau sanggup pasang iklan Google adsense. Sudah banyak kisah sukses dari kegiatan Adsense ini. Ada tukang angon belibis jadi jutawan (Eka Lesmana). Kemudian seorang kuli panggul sanggup jadi hartawan (Henry Jhie). Dan seorang difabel sanggup hasilkan ribuan dollar (Habibie Afsyah), dan masih banyak lagi yang lainnya.


Selain itu, kau juga sanggup menjual ragam barang dagangan secara online melalui sebuah website. Dari situ tentunya kau sanggup mendapat pundi-pundi cring-cring alias duit.


3. Sebagai tempat untuk mencurahkan hobi menulis dan membuatkan pengetahuan


Di masa informasi mirip kini ini yang namanya website sanggup dibilang bukan suatu hal y Inilah 5 Manfaat yang Bisa Kamu Nikmati Jika Punya Website Pribadi
unsplash.com

Bagi kau yang doyan nulis, website ialah media yang sangat sempurna untuk menuangkan pikiran dalam tulisan. Tulisan yang kau buat kemudian sanggup dengan gampang diakses dan dibaca oleh banyak orang di jagat internet. Dan bukan mustahil sanggup banyak orang yang akan terbantu dengan tulisanmu tersebut. Tidak sedikit orang yang pada alhasil sanggup menerbitkan buku sendiri dengan memulai karir menulisnya di sebuah website (blog).


4. Bisa berjejaring dengan blogger dari seluruh Indonesia


Manfaat berikutnya ialah sanggup menambah sahabat sesama blogger. Di Indonesia sendiri sudah banyak sekali berdiri komunitas Blogger yang menjadi wadah silaturahmi para Blogger. Baik itu secara online maupun melalui Gathering Offline. Dari situ maka peluang kita memperlebar network pertemanan menjadi lebih luas. Kita sanggup punya sahabat yang punya visi sama dari aneka macam kawasan di Indonesia, bahkan luar negeri mungkin.


Nah, tidak tergiurkah dengan manfaat ini?


5. Bisa dikenal sebagai Good Influencer yang memberi efek positif


Dengan punya website, dan rutin mengisinya dengan konten kasatmata maka lambat laun kau juga akan dikenal oleh orang banyak di Internet. Status diri sebagai Influencer (pemberi pengaruh) pun juga bukan mustahil akan kau dapati. Masih terdengar absurd memang, bergotong-royong istilah influencer ini juga kini telah merujuk pada sebuah pekerjaan yang bergengsi. Bagaimana seorang yang punya basis masa pengikut di dunia online sanggup menghasilkan uang dari kegiatan yang mereka lakukan. Seperti para selebgram dan youtuber yang sanggup dengan gampang mendapat penghasilan dengan terlebih dahulu membangun merk dan pengikut loyal.


Adapun hal tersebut di atas juga sanggup kita upayakan dan nikmati melalui mediator sebuah website atau blog.


***


Nah itu di atas hanya sebagian kecil benefit yang sanggup didapat dari website. Masih banyak sebenarnya kalau mau diuraikan lebih dalam. Tapi 5 poin di atas saya rasa sudah cukup untuk sekadar menyadarkan kita akan manfaat mempunyai sebuah website.


“Ah.. itu kan kita mesti harus pinter IT? Bikin website kan susah!.” Eits. Kata siapa??


Bagi yang berkata mirip itu, saya jamin ia belum pernah mempelajari dan mencobanya. Karena sesudah dicoba dan tahu caranya, pasti kau akan berkesimpulan bahwa menciptakan website sendiri itu sangat amat mudah. Bahkan bagi pemula sekalipun. Ya saya serius. Selagi kau sudah sanggup browsing  dan juga sanggup mengetik, maka itu sudah cukup sebagai modal awal menciptakan sebuah website.


Buktinya ialah website yang dikala ini sedang kau baca. Ini ialah website hasil kreasi seorang yang tidak mengerti wacana pemrograman ataupun coding dan desain website. Tapi sanggup menciptakan website blog yang tidak mengecewakan keren..hehe #pede


Bagaimana cara menciptakan website?


Jenis website yang paling populer, terlebih buat personal atau perorangan ialah blog (web log). Lebih dari sekadar catatan web, blog juga kini sanggup dibilang telah jadi komoditas online.


Para pemain blog disebut dengan ’blogger’. Blogger kini juga telah berkembang menjadi sebagai sebuah profesi yang tidak sanggup dianggap remeh. Sudah bukan diam-diam lagi kalau sudah banyak bukti orang yang berhasil meraup untung dari kegiatan blogging yang ia lakukan. Kegiatan membuatkan informasi di internet, kemudian blognya banyak pengunjung. Dan terakhir menguangkannya dengan cara dimonetisasi atau diuangkan.


Blog merupakan aset online yang sangat berharga, terlebih kalau sudah menghasilkan banyak pengunjung. Berbagai sumber monetisasi sanggup kita peroleh dari sebuah blog yang punya reputasi manis di mesin pencari dan menghasilkan banyak pengunjung.


Dan para generasi milenial para kids jaman now sudah seharusnya mulai berguru bagaiman caranya menciptakan website sendiri. Setidaknya menciptakan website jenis blog yang sanggup dibentuk dengan sangat mudah, bahkan oleh pemula sekalipun. Yang penting sudah kenal internet, sanggup mengetik.


Pengalaman saya menciptakan Website Inspirilo dengan mudah


Di masa informasi mirip kini ini yang namanya website sanggup dibilang bukan suatu hal y Inilah 5 Manfaat yang Bisa Kamu Nikmati Jika Punya Website Pribadi
unsplash.com

Adapun di sini saya bukan mau menunjukkan tutorial detail wacana cara menciptakan website. Saya hanya akan menjelaskan secara garis besar caranya mirip apa. Dan semuanya murni bersumber dari pengalaman saya dikala menciptakan blog ini. Hingga kini sudah menghasilkan jumlah pengunjung yang lumayan.


Oke sedikit flashback. Makara website ini saya buat pada bulan Agustus 2017 lalu. Adapun saya tidak sendirian dalam menciptakan blog ini. Bersama sejumlah teman, saya tergabung dalam sebuah pondok bisnis online. Di tahap awal kami punya kiprah untuk menciptakan website sendiri-sendiri. Dengan proteksi seorang guru/mentor di bidang website dan SEO kamipun mulai berguru sambil praktek bagaimana menciptakan sebuah website.


Adapun tahapan secara garis besar yang saya lewati dalam menciptakan website antara lain: menentukan platform yang akan digunakan untuk membangun website, di sini saya menentukan platform WordPress Self Hosted. Kemudian menentukan nama domain website, kemudian memilih web hosting sampai proses instalasi WordPress di hosting. Untuk kemudian website yang telah terinstal di hosting diisi artikel mirip yang sedang kau baca kini ini. Baik berikut ialah penjelasannya:




  1. Memilih platform website




Di masa informasi mirip kini ini yang namanya website sanggup dibilang bukan suatu hal y Inilah 5 Manfaat yang Bisa Kamu Nikmati Jika Punya Website PribadiPlatform website blog yang paling terkenal dan banyak digunakan ialah blogspot dan WordPress.org.  Tapi di antara kedua platform tersebut, yang dirasa paling mantab untuk menciptakan sebuah website ialah wordpress (bukan wordpress.com). Dengan CMS (Content Management System) wordpess, proses pembuatan website sanggup jadi sangat simpel. Tidak perlu keahlian programming, cukup klak klik sana sini, jadi. Kemudian secara fleksibilitas, juga wordpress lebih unggul, tersedia banyak plugin yang sanggup memudahkan pekerjaan.


Namun untuk membuatnya setidaknya kita perlu keluar uang untuk membeli domain dan juga hosting. Berbeda dengan blogspot yang sanggup gratis namun dengan fitur yang sangat terbatas. Blog yang sedang kau baca ini pun memakai CMS wordpress.




  1. Memilih domain dan hosting




Di masa informasi mirip kini ini yang namanya website sanggup dibilang bukan suatu hal y Inilah 5 Manfaat yang Bisa Kamu Nikmati Jika Punya Website PribadiHal kedua ialah menentukan domain dan Hosting. Apa itu domain dan Hosting?


Jika diibaratkan dengan sebuah rumah, maka domain ialah alamat rumahnya. Dengan adanya alamat rumah, tentu kita gampang dituju oleh oran yang mau berkunjung. Nah dalam website sendiri, domain juga disebut alamat web, yang biasanya berekstensi dot com. Misal inspirilo.com, detik.com dll.


Adapun hosting itu ialah rumahnya itu sendiri. Jika domain dianalogikan sebagai izin usaha, maka hosting sanggup disebut sebagai kantor atau tokonya. Jika masih resah terkait hosting, silakan baca artikel Hosting untuk pemula. Di sana menjelaskan wacana cara menentukan hosting bagi yang gres mulai menciptakan website.


Mudah, murah dan menyenangkannya beli domain di DomaiNesia.


Baik domain atau hosting tersebut harus kita beli atau lebih tepatnya sewa secara tahunan. Sewanya di mana? Ya di perusahaan penyedia layanan domain dan hosting. Di Indonesia sendiri banyak sekali perusahaan sejenis yang sanggup dijadikan tempat menyewa domain dan hosting.


Namun dari sekian banyak perusahaan penyedia yang ada, saya sendiri menentukan DomaiNesia sebagai tempat beli domain. Atas rekomendasi dari mentor yang mengajarkan saya wacana menciptakan website. Tidak heran dia merekomendasikannya alasannya ialah memang layanannya manis dan terpercaya.


Selain itu harga domainnya juga terhitung murah ketimbang yang lain. Dan yang paling penting itu tidak ada Hidden Fee (Biaya tersembunyi) yang biasa diterapkan penyedia lain.


Kita hanya membayar jumlah sesuai dengan yang tertera di harga awal. Tidak ada suplemen biaya sekian persen untuk ini dan itu. Top deh pokoknya.


Kemudian satu lagi, cara pembayaran yang saya rasa sangat amat mudah. Saat itu saya meregistrasikan domain blog ini di DomaiNesia. Untuk pembayarannya saya memakai Internet Banking BCA.


Di layanan penyedia domain lain biasanya mengharuskan konfirmasi pembayaran sesudah transfer. Namun beli domain di DomaiNesia ini sanggup pribadi aktif seketika sesudah transfer pembayaran terkirim. Asalkan dikala transfer mencantumkan nomor INVOICE di info kirim Internet Bankingnya.


Di masa informasi mirip kini ini yang namanya website sanggup dibilang bukan suatu hal y Inilah 5 Manfaat yang Bisa Kamu Nikmati Jika Punya Website Pribadi
Email Aktivasi Domain di DomaiNesia sesaat sesudah Transfer Via Internet Banking

Menurut saya ini sistem yang sangat canggih. Sistem DomaiNesia sanggup dengan gampang mengenali transfer yang kita lakukan melalui instruksi invoice tersebut. Makara sangat-sangat menghemat waktu alasannya ialah tidak perlu mengisi form konfirmasi dan menunggu sampai status domain menjadi aktif.Di masa informasi mirip kini ini yang namanya website sanggup dibilang bukan suatu hal y Inilah 5 Manfaat yang Bisa Kamu Nikmati Jika Punya Website Pribadi


Waktu itu harga domainnya tertulis 99 ribu. Dan yang saya bayarkanpun persis segitu, tanpa ada suplemen fee lainnya. Enak banget kan. Makara DomaiNesia ini saya rasa sangat recomended, terlebih buat pemula mirip saya.


CS nya juga sangat responsive dalam melayani setiap pertanyaan yang saya olok-olokan di Live Chat. Tidak rugi pokoknya langganan domain di sini.




  1. Instalasi website dan modifikasi + Isi konten




Setelah menentukan dan membeli domain + Hostingnya, maka langkah terakhirnya ialah instalasi website. Dalam hal ini ialah instalasi WordPress di Cpanel Hosting. Tentang caranya, sobat sanggup baca di cara menciptakan website sendiri. Di sana dijelaskan lengkap wacana tata cara menciptakan website dengan bermacam-macam CMS, termasuk wordpress yang saya gunakan di web ini.


Di masa informasi mirip kini ini yang namanya website sanggup dibilang bukan suatu hal y Inilah 5 Manfaat yang Bisa Kamu Nikmati Jika Punya Website Pribadi
DomaiNesia.com

Adapun tahapan selanjutnya sesudah instalasi ialah modifikasi dan pengisian konten. Terkait hal tersebut, pembahasannya cukup panjang dan sanggup sobat pelajari di situs-situs tutorial.


Perbedaan website dan blog


Di atas saya menyebut website dan blog. Mungkin ada yang resah dan bertanya-tanya wacana website dan blog? Apa beda di antara keduanya?


Tidak usah bingung-bingung. Di bab epilog ini saya akan coba bahas singkat keduanya. Pada intinya, semua halaman informasi yang ada di internet ialah disebut website (halaman web). Namun pada prakteknya secara umum, website itu dibagi ke dalam beberpa jenis. Dan salah satunya dalah website blog (web log) yang kalau diartikan berarti ‘catatan web’.


Jadi kesimpulannya, blog ialah salah satu jenis website dengan format mirip catatan (diary). Sebuah blog umumnya menampilkan urutan postingan dari yang paling gres di posisi atas. Dan yang paling usang di bawah. Seperti halnya Inspirilo Blog yang sedang kau baca sekarang.


Adapun jenis website yang lainnya ialah kita mengenal website toko online dan juga social media. Untuk kedua jenis tersebut, nampaknya sobat juga sudah tahu ya. Makara tak usah dijelaskan lagi.


Nah cukup segitu saja pemaparan wacana perbedaan website dan blog. Pada pada dasarnya sama saja. Sobat sanggup menyebut blog sebagai website dan ataupun sebaliknya.


***


Sekian saja artikel wacana alasan kenapa harus punya website. Disertai dengan sharing pengalaman saya menciptakan website Inspirilo ini sampai sanggup jadi mirip sekarang. Semoga ke depannya blog ini tetap sanggup eksis dan update secara berkala. Demi menunjukkan informasi dan ide kepada sobat sekalian.


Buat para kidz jaman now, yuk mari kita buat website. Biar makin gaul dan keren pastinya.


Advertisement

Iklan Sidebar